Selasa, 31 Maret 2015

Resume Mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pertemuan ke-6



Resume Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pertemuan ke-6

Pada hari selasa, tanggal 24 maret 2015 bertempat diruang 306 kami belajar Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan oleh Pak Amril Muhammad S.E, M.Pd yang membahas tentang Segmentasi, Positioning dan Marketing Mix. 

Segmentasi
Proses membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menjadi kebutuhan, karakteristik, perilaku konsumen yang membutuhkan produk yang berbeda.
Ada 3 strategi differensiasi pasar, diantaranya yaitu:
1.      Tanpa pembedaan
2.      Melakukan pembedaan
3.      Terfokus
Marketing research dilakukan untuk mengetahui :
1.      Besar pasar
2.      Daya beli konsumen (berapa biaya pengeluaran)
3.      Perbedaan (setiap orang memiliki perbedaan. Namun, biasanya para konsumen jika melihat sesuatu yang keren, maka orang akan banyak yang mengikuti)
4.      Pesaing (Berapa banyak pesaing lalu berapa banyak strategi)
5.      Keterjangkauan (secara fisik, apakah itu memudahkan atau tidak)
6.      Sumber Daya Manusia (kemampuan yang membuat)
Dasar difernatif segmentasi :
1.      Segmentasi Demografis (gender, usia, ukuran keluarga)
2.      Segmentasi Sosio Ekonomis (pendapatan, pendidikan, kelas sosial, etnik)
3.      Segmentasi Psikografis (perilaku, gaya hidup)
4.      Segmentasi Geografis (lingkup pasar, kepadatan penduduk, iklim)

Targeting
Targeting adalah proses menentukan pasar mana yang akan dilayani.
Pasar sasaran adalah terdiri dari kumpulan pembeli dengan kebutuhan atau karakteristik serupa yang akan dilayani.
Landasan targeting :
1.      Sumber daya Perusahaan
2.      Variabilitas Produk
3.      Tahap produk dalam daur hidup (Berapa lama tahan lama suatu produk)
4.      Variabilitas pasar (berapa lama produk itu bertahan)
5.      Strategi pesaing
Positioning
Pengertian positioning adalah proses membedakan prosuk jasa dibandingkan dengan pesaing.
Positioning adalah terkait dengan apa yang dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen.
Ada 3 langkah dalam positioning :
1.      Mengenali keunggulan yang munkin dapat ditentukan.
2.      Memiliki keunggulan yang paling kuat.
3.      Menyampaikan keunggulan secara efektif kepada target pasar.
Ada beberapa kesalahan dalam melakukan positioning, yaitu :
1.      Underpositioning        : Konsumen tak mengenal keunggulan produk.
2.      Overpositioning          : Konsumen tidak mempunyai gambaran minimal keunggulan                                               produk.
3.      Confused Positioning : Konsumen tak merasa pasti, karena terlalu banyak janji.
4.      Doubtful Positioning   : Adanya keraguan terhadap kualitas produk (adanya testimoni) ‘                                         untuk meyakinkan konsumen.

Marketing Mix
Marketing mix adalah alat yang digunakan dalam bisnis untuk peningkatan reaksi untuk melihat target pasar dalam kaitannya dengan tujuan pemasaran.
Ada 7 komponen dalam marketing mix, diantarnya adalah :
1.      Product
Produk adalah item yang sebenarnya akan dibeli konsumen, termasuk kemasan, gambar, garansi, dan pelayanan jasa produk dikemas.
Bagian dari produk, terdiri dari :
1.      Design (desain produk itu sendiri seperti apa)
2.      Teknologi (teknologi yang digunakan untuk membuat suatu produk, biasanya produk yang hadmade lebih mahal)
3.      Usefulness (kegunaaannya)
4.      Convenience (kenyamanannya)
5.      Value (nilai)             
6.      Quality (kualitas)
7.      Packaging (kemasan)
8.      Branding (nama/merk)
9.      Accessories (aksesoris, sesuatu yang mendukung)
10.  Warranties (garansi)
Metode digunakan untuk meningkatkan atau membedakan produk dan meningkatkan penjualan atau target penjualan lebih efektif untuk memperoleh keuntungan kompetitif, diantaranya adalah :
1.      Extension Strategies
2.      Specialised versions
3.      New editions
4.      Improvements-real or otherwise
5.      Changed packaging (mengubah kemasan)
6.      Technology, etc
Extension Strategis
Bisnis yang ingin memperpanjang umur produk yang telah mencapai kematangan atau penurunan dapat mengubah satu atau lebih dari bauran pemasaran dengan mengubah :
a.      Product (produk)         : Setelah mengubah kemasan, lalu                                                                                                   memperkenalkan versi terbaru.
b.      Price (harga)               : Menguraikan harga untuk menarik konsumen
c.       Promotion (promosi) : Memperkenalkan kampanye iklan terbaru.
d.      Place (tempat)            : Merubah tempat penjualan, contohnya online.

Branding
a.      Sebuah produk yang menggambarkan kepribadian.
b.      Langsung memperkenalkan dengan logi, kemasan, iklan dan fitur lainnya.
c.       Percaya bahwa ada garansi dari kualitas.
d.      Beberapa merk mempunyai ‘snob value’ (nilai kebanggaan)
e.      Biasanya harganya mahal.
Brand Loyalty
Beberapa pelanggan setia kepada merk tertentu, mereka akn membeli merk lagi dan lagi dan juga membeli produk-produk lain yang terkait.
a.      Fairy washing-up liquid
b.      Fairy washing powder
c.       Fairy dishwasher powder
Produk ini sering dijual di tempat-tempat tertentu yang memperkuat brand image, misalnya minuman-minuman yang dijual di tempat-tempat rekreasi.
Price (Harga)
Harga adalah jumlah tertentu yang harus disiapkan konsumen untuk membeli suatu produk.
a)    Price strategies (Strategi harga)
1.     Skimming : Harga yang tidak pasti atau dapat berubah sesuai keadaan, yang akanmembuat konsumen tertarik. Contoh: penawaran rumah/apartment jika membayar DP sebelum tanggal yang ditentukan akan mendapat diskon
2.     Penetration : Membuat harga yang lebih murah daripada harga pesaing
3.     Psychological : Perbedaaan harga anatara penjual satu dan yang lainnya akan mempengaruhi psikologi konsumen walaupun hanya beda 1 angka nominal didepan harga
4.     Cost-plus : Strategi memberi tambahan pada saat konsumen membeli produk. Misalnya beli 2 gratis 1
5.     Loss leader : Strategi menjual produk dengan harga murah mendapatkan untung sedikit tapi produk terjual banyak
Bagaimana harga yg bagus untuk sebuah produk?
Menentukan harga yang tepat merupakan bagian yang sangat penting bagi marketing mix.
Berapa banyak biaya yang akan dibayar tergantung pada:
a.     Berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk membuat produk
b.     Berapa banyak pesaing
c.     Meskipun anda sedang mencoba/menguji produk baru
d.     Image apa yang akan ditimbulkan/dibangun untuk produk anda.
Pengambilan keputusan
a.     Apabila ingin menyerang pasar maka strateginya adalah harga yang murah. Tetapi dengan pertimbangan barang yang dikeluarkan harus banyak
b.     Harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda
c.     Harga tinggi bisa ditawarkan jika produk anda terlihat lebih baik dibanding pesaing anda.
Teknik pemberian harga
a.     Time based : Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksi
b.     Cost plus: berapa laba yang diharapkan
c.     Start up penetration pracing: Jika barang baru, bagaimana bisa melakukan penetrasi
d.     Of the top or price skimming: barang yang asiknya cuma sementara, 2-3 hari.
e.     Destroyer: membeli produk dengan harga yang sangat murah
f.      Market-oriented: siapa yang menjadi sasaran pasar membeli produk dengan harga yang sama dengan kompetitor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar