Pada minggu
lalu tanggal 17 Februari 2015 lalu saya mengikuti mata kuliah “manajemen
Pemasaran Jasa” dengan dosen Bapak Amril Muhammad,S.E.,M.Pd, dan membahas
tentang pemasaran atau marketing juga produk.
Why Marketing Study ?’
Mengapa Belajar Pemasaran? Salah satu yang menjadi alasan megapa kita harus belajar tentang pemasaran adalah karena pemasaran mempunyai peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. Dimana para pemasar dapat memberikan banyak pilihan kepada para pelanggan agar para pelanggan tersebut dapat memenuhi kebutuhannya.
Ada banyak faktor yang berkontribusi untuk membuat sebuah bisnis agar menjadi sukses, yaitu diantaranya :
Dengan mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan, dan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dalam menjalankan sebuah bisnis, para pemasar haruslah mengetaui kebutuhan para pelanggan dan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Seorang pemasar juga dalam menjalankan bisnisnya haruslah fokus. Fokus dalam hal ini maksudnyaadalah pemasar dalam menjual sebuah produk jaaganlah menjual produk yang semua barangnya ada.
Pemasar dapat memberikan banyak pilihan kepada para pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Yang semata-mata adalah untuk memnuhi dan memuaskan pelangan.
Lalu, pemasar juga harus dapat memotivasi seorang pelanggan dalam menemukan nilai-nilai lebih dalam usaha.
Mengapa kita perlu belajar marketing/pemasaran ?
1. untuk menjual barang dagangan kita ke konsumen (maka kita harus fokus kepada konsumen itu tersebut)
2. konsisten denfgan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan konsumen
jadi klo dibidang jasa itu lumayan susah, karena hasil atau kualitas produk itu baru bisa dirasakan di akhir ketika lulus.
3. memahami konsumen sehingga bisa memeuaskan
jadi pel;uang itu selalu ada kuncinya, yaitu kemauan kita sendiri bagaimana.
Konsep produksi : asumsinya konsumen hanya akan membeli produk yang murah dan gampang diperoleh. contoh nya adalah produk-produk yang diproduksi secara masal.
Konsep Produk : asumsinya konsumen lebih menghendaki kualitas. contoh nya adalah perusahaan mobil ferari yang menciptakan produk berkualitas, dan produk tersebut tidak di ciptakan secara masal melainkan setiap konsumen yang membeli ferari tidak akan sama dengan ferari yang lain (customization).
Konsep Penjualan : asumsinya konsumen harus dipengaruhi agar penjualan meningkat. Konsumen harus dipengaruhi agar mau membeli produk yang diproduksi.
Konsep Pemasaran : berorientasi kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan serta kepuasan konsumen. Pada konsep ini perusahaan berorientasi kepada konsumen, dari awal produk tersebut akan diluncurkan atau sebelum, sedang hingga setelah digunakan, berhubungan dengan service. Kepuasan pelanggan adalah hal utama dalam konsep pemasaran beserta inovasi-inovasi produk dan layanan yang diberikan perusahaan yang tujuan akhir nya adalah dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen.
Konsep Pemasaran Sosial : Berorientasi kepada pelanggan dan kesejahteraan lingkungan.
Why Marketing Study ?’
Mengapa Belajar Pemasaran? Salah satu yang menjadi alasan megapa kita harus belajar tentang pemasaran adalah karena pemasaran mempunyai peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. Dimana para pemasar dapat memberikan banyak pilihan kepada para pelanggan agar para pelanggan tersebut dapat memenuhi kebutuhannya.
Ada banyak faktor yang berkontribusi untuk membuat sebuah bisnis agar menjadi sukses, yaitu diantaranya :
Dengan mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan, dan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dalam menjalankan sebuah bisnis, para pemasar haruslah mengetaui kebutuhan para pelanggan dan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Seorang pemasar juga dalam menjalankan bisnisnya haruslah fokus. Fokus dalam hal ini maksudnyaadalah pemasar dalam menjual sebuah produk jaaganlah menjual produk yang semua barangnya ada.
Pemasar dapat memberikan banyak pilihan kepada para pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Yang semata-mata adalah untuk memnuhi dan memuaskan pelangan.
Lalu, pemasar juga harus dapat memotivasi seorang pelanggan dalam menemukan nilai-nilai lebih dalam usaha.
Mengapa kita perlu belajar marketing/pemasaran ?
1. untuk menjual barang dagangan kita ke konsumen (maka kita harus fokus kepada konsumen itu tersebut)
2. konsisten denfgan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan konsumen
jadi klo dibidang jasa itu lumayan susah, karena hasil atau kualitas produk itu baru bisa dirasakan di akhir ketika lulus.
3. memahami konsumen sehingga bisa memeuaskan
jadi pel;uang itu selalu ada kuncinya, yaitu kemauan kita sendiri bagaimana.
Konsep produksi : asumsinya konsumen hanya akan membeli produk yang murah dan gampang diperoleh. contoh nya adalah produk-produk yang diproduksi secara masal.
Konsep Produk : asumsinya konsumen lebih menghendaki kualitas. contoh nya adalah perusahaan mobil ferari yang menciptakan produk berkualitas, dan produk tersebut tidak di ciptakan secara masal melainkan setiap konsumen yang membeli ferari tidak akan sama dengan ferari yang lain (customization).
Konsep Penjualan : asumsinya konsumen harus dipengaruhi agar penjualan meningkat. Konsumen harus dipengaruhi agar mau membeli produk yang diproduksi.
Konsep Pemasaran : berorientasi kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan serta kepuasan konsumen. Pada konsep ini perusahaan berorientasi kepada konsumen, dari awal produk tersebut akan diluncurkan atau sebelum, sedang hingga setelah digunakan, berhubungan dengan service. Kepuasan pelanggan adalah hal utama dalam konsep pemasaran beserta inovasi-inovasi produk dan layanan yang diberikan perusahaan yang tujuan akhir nya adalah dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen.
Konsep Pemasaran Sosial : Berorientasi kepada pelanggan dan kesejahteraan lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar